PETA MARITIME ADMIRALTY

peta-marine

KATALOG PETA MARITIME WORLD

Baru

Peta Laut Indonesia dan Peta Laut publish by British Admiralty. Peta sebagai alat utama dalam melayarkan/menyeberangkan kapal harus dapat dikuasai oleh seorang navigator agar dalam penggunaanya tidak akan ada keragu-raguan. Di dalam tangan seorang navigator yang baik.

10 Items

Peta Laut Indonesia dan Peta Laut publish by British Admiralty.

Peta sebagai alat utama dalam melayarkan/menyeberangkan kapal harus dapat dikuasai oleh seorang navigator agar dalam penggunaanya tidak akan ada keragu-raguan. Di dalam tangan seorang navigator yang baik, peta akan merupakan suatu alat yang tidak ternilai artinya, akan tetapi sebaliknya akan menyesatkan dan menyusahkan apabila tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya karena kurangnya pengertian dan pengetahuan. Peta yang umum dipakai oleh pelaut-pelaut Indonesia dalam penyeberangan-penyeberangan samudera (ocean going) adalah peta-peta laut yang diterbitkan oleh “The Hydrographic Office of The Admiralty” atau yang lazim disebut peta-peta dari B.A. (British Admiralty). Dengan alasan ini maka keterangan-keterangan yang umumnya terdapat pada suatu peta laut akan diambil dari peta B.A.

> Nomor peta (number of the chart) : Ini dicetak pada sudut kanan bawah dan sudut kiri atas dari peta

> Nama peta (Title of the chart) : Ini dicetak di tempat yang paling baik dan nyata dan tidak menutupi keterangan-keterangan penting maupun daerah lalulintas (route-route pelayaran utama) dari peta.

> Tahun diadakan survey (date of survey) : Ini dicetak di bawah nama dari peta.

> Tahun penerbitan (date of publication) : Ini dicetak di luar garis batas peta, di bagian bawah, di tengah. Misalnya : Published at the Admiralty 30th March, 1965.

> Tahun penerbitan baru (date of new edition) :
Ini dicetak di sebelah kanan dari tahun penerbitan yang asli. Apabila untuk suatu peta diadakan perubahan-perubahan/pembaruanMembaca dan Menginterpretasi Peta Laut Kompetensi : Navigasi Pantai II – 9 pembaruan secara umum, maka dikeluarkanlah suatu edisi baru dari peta ini dengan menunjukkan tahun edisi yang baru, misalnya :New edition 29th July, 1966. dengan keluarnya peta edisi baru ini, maka koreksi-koreksi besar dan kecil (large and small corrections) pada peta yang lama, sekaligus dihilangkan.

> Koreksi/perubahan besar (large correction) :
Ini dicetak di sebelah kanan dari tahun penebitan. Apabila di sebelah kanannya sudah dicetak tahun edisi yang baru, maka koreksi besar ini dicetak di bawahnya, misalnya : Large correction, 11 March 1966.

> Koreksi kecil (small correction) :
Koreksi-koreksi ini didapat dari Berita Pelaut (Notice to Mariner) dan di atas kapal dikoreksi sendiri oleh perwira navigasi menurut petunjuk NTM. Tahun dan nomor dari NTM harus ditulis di peta di sebelah kiri bawah. Misalnya : Small corrections, 1967 – 12. Apabila koreksi ini hanya sementara, maka di bawah koreksi-koreksi kecil tadi ditulis dengan pensil “(T) dan (P)” yang artinya Temporary and Preliminary.

> Tahun pencetakan (Date of Printing) : Ini dicetak di sudut sebelah kanan atas, misalnya : 246,64 yang artinya : hari yang ke 246 dari tahun 1964.

> Ukuran dari peta (dimension of the chart) : Ukuran peta diberikan dalam dim (inches) yang ditunjukkan di sudut kanan bawah, di dalam tanda kurung. Keterangan ini berguna apabila kita mencurigai adanya distorsi.

> Skala dari peta (scale of chart) : Skala dari peta yang dicetak di bawah dari Nama Peta.

> Keterangan pasang dan arus pasang (Tide and tidal stream information) :
Keterangan pasang untuk beberapa pelabuhan di suatu peta, seringkali dimasukkan juga di peta yang bersangkutan dan dicetak pada tempat yang baik di atas peta dengan tidak menutupi keterangan-keterangan ataupun lalulintas pelayaran yang utama. Keterangan pasang biasanya berbentuk tabel, sedangkan keterangan arus pasang ada yang berbentuk tabel atau memberikan tanda seperti belah ketupat dengan abjad atau angka sebagai tanda pengenal, misalnya : A atau 29, ataupun dengan keterangan-keterangan atau anak panah.

> Dalam laut dinyatakan dengan depa (fathom) dan kaki (foot), dan di
bawah 11 depan selalu diberikan dalam depa dan kaki.

> Satuan untuk dalam laut dicetak dengan huruf-huruf yang terang di
bawah nama peta. Misalnya : Sounding in Fathom.

> Tanda-tanda dan singkatan-singkatan (Symbols and Abbreviations), yang
digunakan di peta laut Inggris (B.A) ditunjukkan pada peta No. 5011. Di peta Amerika maka tanda-tanda serta singkatan-singkatan ditunjukkan pada peta “chart No. 1”. Di peta Indonesia, tanda-tanda dan singkatansingkatan diartikan di peta No. 1.

> Keterangan-ketarangan pada peta yang sudah dibatalkan tidak boleh
dihapus melainkan dicoret dengan tinta (ungu) dengan rapih.

> Keterangan-keterangan pelengkap .
Untuk dapat mengenal peta, misalnya kita akan memesan peta, maka keterangan-keterangan yang harus diberikan adalah :

1. Nomor peta
2. Nama peta serta skalanya
3. Tahun penerbitan
4. Tahun pencetakan baru, yang terakhir.
5. Tahun koreksi besar, yang terakhir.
6. Tanggal koreksi kecil, yang terakhir.

Pada umumnya, dalam memesan peta, seorang navigator hanya memberikan nomor peta, nama peta serta skalanya dan negara yang menerbitkannya.

> Peta laut yang kita pesan harus baik. Sebuah peta laut kita sebut baik apabila:

a. Surveynya atau penyelidikan waktu membuat peta adalah modern atau dapat dianggap modern.
b. Peruman letaknya berdekatan dan merata.
c. Garis-garis batas dalamnya air (contour lines) harus ada dan nyata.
d. Garis-garis pantai harus nyata, tanpa terputus-putus.
e. Keterangan-keterangan serta tanda-tanda yang dibutuhkan seorang navigator tertera dengan nyata.

> Mengukur jarak dan haluan.

– Panjang dari suatu garis haluan (rhumb-line) adalah sama dengan jaraknya. Untuk mengukur jarak ini maka kita menggunakan satuan panjang yang disebut mil laut.
– Satu mil laut = satu menit busur pada bujur atau katulistiwa.
– Jarak pada garis-garis haluan harus disesuaikan dengan skala lintang dimana garis haluan itu berada. Hal ini harus benar-benar diperhatikan pada jarak-jarak yang jauh (lebih dari 100 mil). Pada jarak-jarak yang kurang dari 100 mil, maka dianggap cukup dengan memakai skala pada lintang menengahnya. Kesalahan yang akan terjadi dalam hal ini sangat kecil dan dapat diabaikan.

KETERANGAN :
**Harga di atas akan berubah setiap saat, atau tidak mengikat.
*Bila mana minat dengan produk kami silahkan hubungi kami dengan penawaran harga Terbaru dan akan dapat harga terbaik. Trimakasih.

Isi Komentar Produk

PETA MARITIME ADMIRALTY

PETA MARITIME ADMIRALTY

Peta Laut Indonesia dan Peta Laut publish by British Admiralty. Peta sebagai alat utama dalam melayarkan/menyeberangkan kapal harus dapat dikuasai oleh seorang navigator agar dalam penggunaanya tidak akan ada keragu-raguan. Di dalam tangan seorang navigator yang baik.

RelatedProducts